Disnakeswan Dompu, Optimalisasi Potensi Pengembangan Sapi di Kab Dompu -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Disnakeswan Dompu, Optimalisasi Potensi Pengembangan Sapi di Kab Dompu

Friday, September 13, 2024

 


Dompu, Info Bima - Memelihara ternak Sapi bagi masyarakat bukan merupakan usaha pokok, tapi hanya sebagai usaha sambilan disamping bertani.  Disamping itu pemeliharaan ternak sapi masih dikelola secara individu dan dalam skala kecil. Kondisi yang demikian menyebabkan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki belum secara optimal.  


Dari permasalahan tersebut diatas, maka beberapa persoalan yang mendasar terhadap pengembangan usaha ternak sapi seperti, pemeliharaan ternak hasih secara tradisional, optimalisasi pemanfaatan pakan hasil sisa pertanian (jerami) masih rendah, keterbatasan peternak dalam permodalan, pengetahuan dan ketrampilan, akses teknologi dan akses pasar. 


Terwujudnya masyarakat peternak yang mandiri dan sejahtera melalui pembangunan peternakan yang tangguh, berkelanjutan dan berdaya saing untuk kemakmuran dan ketahanan masyarakat dompu, melalui 5 misi, yaitu : 1. Peningkatan kualitas Sumberdaya manusia (aparat peternakan dan petani ternak); 2. Peningkatan Produksi dan Produktifitas ternak; 3. Peningkatan pengawasan dan pengendalian terhadap mutu ternak;  4.  Peningkatan kualitas Pakan dan 5. Peningkatan sarana dan prasarana peternakan.


Maka upaya dalam mendukung program unggulan pemerintah daerah salah satunya adalah pengembangan ternak sapi perlu dilakukan optimalisasi penggunaan sumberdaya yang ada dan berpihak kepada rakyat, kesinambungan dan desentralisasi,  diharapkan menjadi modal dasar untuk mewujudkan swasembada komoditi peternakan dan mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan peternak sapi dengan system pemeliharaan secara ekstensifikasi dan intensifikasi, sehingga efektifitas dan efisien dalam upaya pengembangan ternak sapi di kabupaten Dompu, melalui penguatan kelembagaan peternak.


Kunci : Ternak Sapi;  Ekstensifikasi dan Intensifikasi; Efektifitas dan Efisien;  Kelembagaan  Peternak.(**)